Bagaimana Menggambar 3D Menggunakan Software CAD
Desain
dibantu komputer (CAD) adalah semata-mata alternatif dua dimensi untuk
penyusunan tangan tradisional pada 1970-an dan 80-an. Namun, di tahun
90-an, CAD mulai menawarkan tiga dimensi gambar dan pemodelan alat untuk
desainer. Meskipun desain tiga dimensi menambah kompleksitas lebih
spasial untuk dokumentasi, itu adalah cara yang lebih mudah untuk
mewakili struktur dibandingkan dengan dua dimensi CAD dan penyusunan
tangan. Model desain tiga dimensi struktur, dan gambar-gambar dapat
diambil dari model bukannya menggambar setiap fasad dan rencana secara
terpisah. Ada banyak program CAD, seperti
GstarCAD,
dan CADprofi, dan banyak dari mereka menggunakan perintah yang sama
untuk mengeksekusi operasi tiga-dimensi. Artikel ini akan memberikan
perintah untuk GstarCAD.
Yang Anda butuhkan
Instruksi
- Buka program GstarCAD dan pilih "New" pada menu "File" untuk membuka file proyek baru.
- Menggambar bentuk dua dimensi ditutup pada "X, Y Pesawat" aplikasi
CAD Anda menggunakan "Polyline," "Rectangle" atau "Polygon" alat atau
ketik perintah ini ke dalam baris perintah. Gunakan "@ X, Y" perintah
untuk menentukan dimensi bentuk Anda. Notasi "@" merupakan jarak relatif
ke asal bentuk itu, "X" adalah jarak horisontal dari asal bentuk dan
"Y" adalah dimensi kedalaman dari asal bentuk itu. Tekan "Escape" tombol
untuk keluar perintah.
- Mengusir bentuk dua dimensi dengan menggunakan "Extrude" alat atau
dengan mengetikkan "Extrude" pada command line. Anda akan perlu untuk
memberikan ketinggian menggunakan mouse, atau mengetik dalam "Z" atau
"tinggi, jarak." Tekan "Enter" untuk menyelesaikan ekstrusi.
- Lihat ekstrusi Anda menggunakan "Orbit" tombol atau jenis "Orbit" ke
baris perintah. Anda dapat menggeser, spin, zoom dan memutar dengan
"Orbit."
- Lanjutkan dengan menggunakan gambar, ekstrusi dan orbit perintah untuk merakit model CAD.
- Ketik "Pindahkan" atau menggunakan "Pindah" tombol untuk mengubah
posisi obyek, relatif terhadap satu sama lain, dalam menggambar CAD
Anda. Ketik "@ X, Y, Z" di mana "@" menunjukkan posisi berubah relatif
terhadap titik awal, "X" adalah jarak horisontal, "Y" adalah jarak dari
kedalaman dan "Z" adalah jarak vertikal.
- Ketik "3DRotate" atau menggunakan "3D Rotate" tombol untuk memutar
objek relatif terhadap asal. Anda akan perlu untuk membangun sumbu
rotasi dan tingkat rotasi.